• virtualsport@sipgar.id
  • +62 813-7964-1248
News Photo

Jumlah Langkah Per Hari yang Perlu Ditempuh untuk Dapatkan Tubuh Sehat

Berapa langkah sehari yang perlu ditempuh untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat? Anda mungkin sering mendengar anjuran 10.000 langkah per hari. Namun sebenarnya, anjuran tersebut tidak bisa diterapkan oleh semua orang, karena kondisi fisik yang berbeda-beda.


Jalan kaki adalah salah satu jenis
 olahraga kardio intensitas rendah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Ini bisa jadi salah satu aktivitas fisik sederhana yang dicoba untuk Anda yang ingin memulai gaya hidup lebih aktif.

Berapa langkah kaki sehari yang bagus untuk kesehatan?

Untuk memiliki gaya hidup aktif, standar terbaiknya adalah Anda menempuh 10.000 langkah per hari. Namun, bukan berarti jika kurang dari itu Anda tidak bisa mendaptkan manfaat dari jalan kaki. Dengan berjalan kurang lebih 7.500 langkah per hari, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat berupa:

  • Kadar gula darah yang lebih baik
  • Menurunkan tekanan darah
  • Membantu memperbaiki gejala depresi dan kecemasan

Lantas, berapa langkah per hari yang diperlukan untuk menurunkan berat badan? Hal ini bergantung pada berat badan yang Anda miliki. Umumnya berjalan 7.500 hingga 10.000 langkah sehari dapat membakar antara 250 hingga 600 kalori sehari.Ini berarti Anda bisa membakar sekitar 3500 kalori per minggu atau sekitar satu pon (kurang lebih 500 gram) per minggu hanya dengan berjalan 10.000 langkah setiap hari.Orang dewasa yang sehat dapat berjalan 4.000 hingga 18.000 langkah per hari, maka 10.000 langkah adalah target yang masuk akal. Meskipun bagi Anda yang belum terbiasa, mungkin harus melakukannya secara bertahap bisa mencapai target.Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang dewasa yang berjalan 8000 langkah setiap harinya dapat menurunkan risiko untuk meninggal di usia muda akibat penyakit jantung hingga 50% dibandingkan mereka yang berjalan hanya 4000 langkah setiap hari.Baca Juga: Beragam Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Cara menghitung langkah kaki per hari

Cara menghitung jumlah langkah kaki per hari yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Lakukan cara ini setiap hari selama seminggu dan hitung rata-rata langkah per hari yang telah Anda lakukan.
Setelah mengetahui rata-rata jumlah langkah per hari yang Anda tempuh, maka Anda bisa melihat apabila Anda sudah cukup aktif bergerak atau belum. Berikut ini pembagian kategori keaktifan tubuh berdasarkan jumlah langkah per hari:

  • Tidak aktif: kurang dari 5.000 langkah per hari
  • Aktivitas rendah: 5.000 hingga 7.499 langkah per hari
  • Rata-rata (agak aktif): berkisar antara 7.500 hingga 9.999 langkah per hari
  • Aktif: setidaknya 10.000 langkah per hari
  • Sangat aktif: lebih dari 12.500 langkah per hari

Jika Anda baru memulai untuk mencoba hidup lebih aktif, maka tidak perlu terlalu terfokus dengan angka-angka tersebut. Hal yang paling penting adalah melakukannya secara konsisten dan perbanyak jumah langkah per hari sesuai kemampuan Anda, hingga mencapai target yang diinginkan.

Cara memperbanyak langkah kaki per hari

Berjalan hingga 10.000 langkah per hari bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang, khususnya mereka yang menghadapi berbagai hambatan untuk berjalan lebih sering. Meskipun demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak langkah dari berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk:

  • Lebih banyak menggunakan tangga dibandingkan lift atau eskalator untuk menambah jumlah langkah.
  • Berjalan-jalan saat istirahat makan siang, berbicara di telepon atau di saat melakukan pekerjaan.
  • Memilih menggunakan toilet atau ruang pertemuan dengan jarak yang lebih jauh.
  • Turun dari kendaraan di tempat yang lebih jauh agar bisa berjalan hingga ke tempat tujuan.
  • Jika memungkinkan, berjalan kaki saat pergi dan pulang dari tempat tujuan, misalnya sekolah, kantor, tempat perkumpulan, dan sebagainya.
  • Menjeda kegiatan yang tidak aktif dan selingi dengan berjalan kaki.

Untuk menambah langkah maka sebaiknya tingkatkan durasi berjalan sekitar 30 menit setiap hari. Ini setara dengan 2.000 hingga 4.000 langkah tergantung kecepatan dan lebar langkah masing-masing.Tingkatkan jumlah langkah hingga mencapai target yang Anda tetapkan. Setidaknya, raih angka 10.000 langkah 3 hari seminggu untuk mendapatkan manfaat yang signifikan bagi kesehatan.Sekarang Anda telah mengetahui jumlah langkah per hari yang harus dilakukan untuk mendapatkan tubuh lebih sehat. Jika Anda memiliki target yang lebih spesifik seperti misalnya memperkuat otot atau menurunkan berat badan, sebaiknya tingkatkan intensitas jalan kaki yang dilakukan.

Share This News

Comment

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut